Minggu, 06 Maret 2011

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

Pengertian tanggung jawab

Tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban menaggung,memikul jawab, menaggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatanya yang disengaja atau pun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

Seseorang mau bertanggung jawab karena ada kesadaran atau keinsafan atau pengertian atas segala perbuatan dan akibatnya atas kepentingan pihak lain. Tanggung jawab timbul karena manusia itu hidup bermasyarakat dan hidup dengan lingkungan alam oleh karena itu manusia todak boleh berbuat semaunya dengan manusia lain ataupun dengan lingkungannya.

Tanggung jawab bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia,bahwa setiap manusia pasti mempunyai tanggung jawab masing-masing. Tanggung jawab dapat dilihat dari dua sisi, yaitu sisi pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan pihak lain. Dari sisi si pembuat ia harus sadar dengan perbuatan yang telah dilakukannya,dengan demikian ia sendiri yang harus memulihkan kembali keadaan. Dari sisi pihak lain, apabila si pembuat tidak mau bertanggung jawab , pihak lain yang akan memulihkan kembali keadaan dengan cara individual maupun dengan cara kemasyarakatan.

Tanggung jawab adalah cirri manusia yang beradab (berbudaya). Manusia bertanggung jawab karena menyadari akibat baik dan buruk yang telah diperbuatnya dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengabdian dan pengorbanan darinya.

2. Macam-macam Tanggung Jawab

Tanggung jawab dapat dibedakan menurut keadaan manusia atau hubungan yang dibuatnya. Oleh karena itu tanggung jawab dibedakan menjadi beberapa jenis tanggung jawab, yaitu:

a) Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Tanggung jawab tehadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Dengan demikian bisa memecahkan masalahnya sendiri.

b) Tanggung jawab terhadap keluarga

Keluarga merupakan masyarakat kecil. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab terhadap keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan, dan kehidupan.

c) Tanggung jawab terhadap masyarakat

Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk social. Dengan demikina manusia disini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat lainnya agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat tersebut.

d) Tanggung jawab kepada Bangsa / Negara

Suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, warga Negara suatu Negara. Sehingga dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau aturan-aturan yang dibuat oleh Negara. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada Negara.

e) Tanggung jawab terhadap Tuhan

Tuhan menciptakan manusia di bumi bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya sehingga manusia mempunayai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan. Setiap tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman Tuhan yang terdapat dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama. Mengabaikan perintah Tuhan berarti meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan, bahkan untuk memenuhi tanggung jawabnya manusia memerlukan pengorbanan.

Ketika Anda menjadi bertanggung jawab atas kehidupan Anda, itu akan menyebabkan Anda untuk melihat bahwa segala sesuatu dalam hidup ada harganya dan Anda harus membayarnya. Jika Anda jujur dengan diri Anda sendiri, Anda mungkin menemukan Anda tidak benar-benar mau membayar harga. Namun, Anda juga membayar dalam satu cara atau yang lain, Anda membayar harga dengan rasa sakit disiplin diri, yang bisa merasa seperti pound hari ini. Atau, Anda dapat membayar dengan rasa sakit penyesalan, yang dapat merasa seperti ton di masa depan. Ini benar-benar terserah pada Anda.

Bila Anda memilih untuk bertanggung jawab atas hidup Anda, Anda juga menyerah memainkan permainan menyalahkan. Seberapa sering Anda secara sadar atau tidak sadar menyalahkan orang untuk apa yang Anda tidak mendapatkanMungkin Anda menyalahkan atasan Anda, organisasi, pemerintah, ekonomi, keadaan Anda, atau siaga tua yang baik, orang tua Anda.

Jika Anda telah menyalahkan orang lain atau diri Anda untuk daripada diinginkan keadaan Anda hari ini hidup kurang, memilih untuk istirahat jenis perilaku . Menerima dan memaafkan diri sendiri dan orang lain atas apa yang terjadi pada Anda di masa lalu.Memutuskan untuk bergerak maju.

Ketika Anda membuat definisi pribadi Anda tanggung jawab, Anda akan menemukan bahwa membuat pilihan untuk bertanggung jawab atas hidup Anda akan memberi Anda kekuatan pribadi untuk melakukan atau memiliki apa yang Anda inginkan dan menjalani hidup Anda dengan desain dan tidak secara default.

sumber :http://nissaajah91.wordpress.com

http://www.selfgrowth.com

0 comments:

Posting Komentar